Dasar DTG

7+ Kelebihan Cetak Kaos dengan Printer DTG dibanding Metode lainnya

Tidak diragukan lagi pengunaan printer DTG sekarang ini semakin banyak peminat untuk para pembisnis sablon digital, karena metode cetak kaos printer DTG lebih efektif dan efisien dibanding metode lainnya seperti screen printing (sablon manual), teknik heat press printing dan lain-lain.

Alasan yang mendukung mengapa printer DTG sedang naik daun akhir-akhir ini karena printer DTG bisa mencetak kaos dengan cepat hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, hasil sablon dengan resolusi tinggi, ditambah dengan hasil yang awet dan membutuhkan biaya produksi yang cukup murah.

Wah menarik bukan, tapi tentunya beberapa metode lain juga memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing loh meskipun daya tariknya semakin sedikit dibandingkan metode printer DTG ini.

Meskipun metode printer DTG cukup terkenal, namun sebagian orang masih ada yang belum mengerti kelebihan dari teknik ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami jabarkan 7+ kelebihan mencetak kaos menggunakan printer DTG.

1. Resolusi gambar yang tinggi dan hasil yang bagus

Hasil cetak gambar yang dihasilkan printer DTG memilki warna yang tajam dan colourfull. Ketajaman gambar tidak hanya didapatkan dari printer DTG saja, akan tetapi didukung oleh beberapa hal lainnya seperti:

  • Tinta
    Rahasia ketajaman gambar yang dihasilkan printer DTG adalah tinta. Tinta yang digunakan adalah tinta khusus garment karena tinta ini dapat menyerap ke dalam pori-pori kaos dan tahan lama, selain itu juga campuran warna printer DTG memiliki warna yang tak terbatas.
  • Proses Heat Press
    Rahasia lainnya dari ketajaman gambar kaos printer DTG terletak pada proses treatment. Ketajaman warna dihasilkan melalui proses press kaos menggunakan mesin heat press pada suhu diatas 150oC. Proses press pada kaos akan memberikan efek mengkilap dan tentunya akan membuat kaos tahan lama.

Ketajaman gambar yang dihasilkan printer DTG tidak mengubah gambar yang asli, atau bisa dikatakan gambar desain asli sangat mirip dengan hasil cetak sablon yang sangat presisi dan tajam.

2. Lebih hemat biaya

Metode sablon DTG memiliki kelebihan dalam penghematan biaya kerja. Walaupun mungkin membutuhkan modal besar diawal, printer DTG ini bisa digunakan selama bertahun-tahun tanpa sering diganti dan untuk biaya perawatannya pun bisa dihemat secara maksimal.

3. Proses yang ramah lingkungan

Sablon manual menggunakan tinta yang mengandung ftalat, PVC dan zat kimia lainnya. Oleh karena itu, para produsen printer DTG telah mengembangkan teknologi water-based ink (tinta berbasis air, larutan pembersih dan memastikan bahwa keseluruhan proses aman bagi lingkungan.

4. Lebih hemat waktu

Kelebihan sablon DTG dalam waktu kerja lebih cepat karena menggunakan tenaga mesin. Waktu kerja menggunakan mesin sangat cepat jika dibandingan dengan sablon satu per satu secara manual.

5. Sangat bagus untuk sablon kain katun

Teknik printer DTG memiliki kelebihan dalam mencetak pada kain katun. Hasil cetak gambar pada kain katun lebih baik menggunakan printer DTG dari pada cetak sablon manual. Nah, karena kita tahu bahan katun sangat halus dan mudah menyerap. Kalau untuk mengikuti proses sablon manual hasil cetaknya akan cenderung lebih kasar.

6. Tidak menggunakan transfer paper yang memakan biaya.

Printer DTG tidak menggunakan kertas khusus atau transfer paper untuk mencetak gambar, karena harga kertas transfer paper yang cenderung mahal maka akan membutuhkan biaya tambahan dalam proses sablon.

Menggunakan printer DTG sangatlah simpel, kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transfer paper karena mencetak dengan printer DTG dapat dilakukan langsung pada kaos melalui tinta, jadi sangatlah hemat.

7. Printer DTG bisa cetak satuan

Sebagian orang mungkin sudah tahu bahwa printer DTG bisa cetak satuan, oleh karenanya banyak para pembisnis kaos menggunakan printer DTG untuk mensablon kaos. Namun bagi yang belum tau, printer DTG bisa cetak satuan sehingga tidak memerlukan order minimal.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai kelebihan-kelebihan printer DTG dalam mencetak kaos, saya rasa pengetahuan ini cukup penting untuk dipahami khususnya bagi para pembisnis pemula DTG. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *