Dasar DTG

Cara install dan setting CutToolCDR 9.2.2 Lengkap beserta gambar untuk Sablon Polyflex

Sablon polyfex memiliki bersifat elastis, awet dan mudah menempel pada kaos. Kualitas sablon polyflex tidak hanya ditentukan oleh mesin cutternya saja, akan tetapi pengunaa software cutter pun tidak kalah penting digunakan.

Bagi seorang pemula penggunaan software desain untuk membuat gambar atau tulisan sangat penting. Anda bisa menggunakan program Corel Draw yang dikenal mudah bagi pemula untuk proses desain dan pengeditan gambar. Setelah selesai membuat desain, Anda perlu mengekspor gambar ke dalam software artcut yang biasanya sudah menjadi software bawan dari mesin cutting polyflex. Nah, sebenarnya banyak software artcut yang digunakan untuk cutting sablon polyflex, akan tetapi disini akan fokus membahas software artcut berupa CutToolCDR 9.2.2 yang hanya kompatibel untuk Corel Draw.

Berikut akan kami jelaskan cara menginstall CutToolCDR 9.2.2 lengkap beserta urut-urutannya, dan juga penjelasan mengenai cara setting software ini di Corel Draw. 

Cara install CutToolCDR 9.2.2

  • Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memasang driver mesin plotter ke laptop atau komputer.
  • Instal software CutToolCDR untuk laptop 64 bit. Ikuti langkah – langkah sebagai berikut:
  • Klik install CutToolCDR
  • Checklist CorelDraw X7(64 bit), klik Next
  • Install CutToolCDR di localdisk C, klik Next
  • CutToolCDR berhasil terinstall di laptob, klik Finish

Setelah software CutToolsCDR terinstall di laptob, maka otomatis akan terkoneksi ke Corel Draw X7 anda.

Cara Setting CutToolCDR 9.2.2

Pertama, siapkan desain sablon polyflex yang ingin anda plotter. Pastikan ukuran desain sesuai dengan ukuran polyflex yang dibutuhkan. Cara mengukur desain dengan memperhatikan panjang dan lebar desain yang terlihat pada kotak merah gambar dibawah ini :

Selanjutnya, Desain/gambar kemudian di MIRROR terlebih dahulu sebelum di cetak dengan cara klik tanda panah merah seperti gambar di bawah ini :

Letakkan objek desain yang akan dicetak ditengah lembar kerja corel, selanjutnya klik icon CutToolCDR-CUT-9.2.2-X7(64Bit) seperti gambar di bawah ini :

Selanjutnya akan muncul beberapa icon disebelah kiri lembar kerja dan klik icon Cut, tunggu sampai program melakukan generalisasi data.

Selanjutnya akan muncul setting CutToolCDR-CUT dan preview desain yang akan di cetak, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih COM10
  • Pilih Baud Rate 9600
  • Pilih RTS/CTS
  • Klik Advance

Setelah proses diatas dilakukan, klik tombol Send untuk mulai cetak polyflex di mesin plotter.

Nah, Begitulah penjelasan ringkas mengenai cara install CutToolCDR 9.22 dan cara pengoperasiannya untuk membuat sablon polyflex. Mudah sekali bukan untuk dilakukan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat! Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *