Printhead Printer DTG –Fungsi, Penjelasan dan Cara Kerja

Teknologi inkjet telah dikomersialkan guna keperluan sablon printing selama lebih dari 10 tahun, dimana pengaplikasiannya condong ke arah sektor tekstil. Dari kata “inkjet” berarti sebuah metode non kontak dengan mengaplikasikan tinta ke permukaan substrat melalui droplets atau percikan.

Sekarang ini, kata inkjet dan digital sering kali digabung karena keduanya merupakan kombinasi teknologi digital dengan sistem printing untuk mencetak kertas dan keperluan tekstil. Pada umumnya sistem inkjet printing yang sering digunakan adalah printhead.

Pengertian Printhead

Printhead adalah bagian paling krusial dari sebuah printer DTG yang menjadi satu bagian dari carriage dan letaknya tepat dibawah carriage. Bagian ini terhubung dengan chips dan terkoneksi dengan keseluruhan perangkat printer DTG sehingga mampu melakuakn perintah cetak pada sebuah kaos untuk keperluan sablon.

Fungsi Printhead

Printhead printer DTG berfungsi untuk menyemburkan tinta pada kaos saat proses printing. Kualitas hasil cetakan printer ditentukan oleh komponen yang satu ini. Oleh kerena itu komponen ini sangatlah penting, apalagi jika terjadi masalah pada printhead maka proses printing dipastikan akan mengalami kegagalan dan hasil cetakpun tidak baik.

Printhead memproduksi droplet atau tetesan kecil tinta secara kontinu. Kestabilan droplet tinta bahkan prosesnya bisa mencapai jutaan droplets, printer DTG modern memiliki waktu droplet setiap 50 us. Bisa dibayangkan kalo prosesnya itu sangat cepat.

Nah printhead ini bisa membentuk droplets tinta dari set warna master yang digunakan.

Set warna ini terdiri dari kombinasi warna yang sering disebut CMYK. Selama proses printing tekstil ataupun kertas, printhead berada diatas substrat (kaos) dan menciptakan droplet tinta berupa cyan (C), magenta (M), yellow (Y) dan black (K) yang keluar dari nozzles printhead. Nozzle adalah titik-titik kecil yang berfungsi sebagi tempat keluarnya tinta. Nozzle dan warna tinta diwakilkan oleh garis-garis nozzle seperti gambar berikut.

Printhead
Garis dan warna nozzle printhead

Keterangan:

Garis A = Tinta hitam
Garis B = Tinta kuning
Garis C = Tinta Light-Magenta
Garis D = Light-Cyan
Garis E = Cyan
Garis F = Magenta

Cara Kerja Printhead

printhead

Sesuai perintah di komputer saat mengoperasikan printer DTG, sirkuit elektronik menentukan nozel pada printhead mana yang akan ditembakan untuk mencetak karakter tertentu pada sebuah media baik itu kaos maupun kertas.

Printhead mengeluarkan droplet atau tetasan tinta melalui tekanan mekanis. Tekanan mekanis ini bekerja ketika elemen piezoelektrik pada printhead memiliki respon terhadap tegangan yang diberikan.

Elemen atau bahan piezoelektrik memiliki kemampuan untuk melengkung saat ada muatan listrik yang melaluinya. Gerakan dari piezoeletrik ini memaksa sejumlah tinta keluar dari nozzle, dan disaat bersamaan menarik lebih banyak tinta ke dalam reservoir untuk mengantinkan tinta yang keluar.

Saat mengatur muatan listrik yang diberikan pada elemen piezoelektrik, kita bisa mengontrol laju tinta yang keluar dari nozzle sehingga menciptakan droplet bulat sempurna dengan ukuran yang berbeda.

Keunggulan Printhead

Adapun dua sistem teknologi inkjet yang paling umum digunakan dipasaran yaitu teknologi micro piezo Epson dan Inkjet thermal.

Sistem micro piezo mampu mengeluarkan tinta secara tepat dengan konsep tekanan mekanis sedangkan teknologi inkjet thermal bekerja dengan memanaskan resistor secara cepat sehingga menciptakan gelembung tinta yang meledak keluar dari nozzle.

Nah, dari segi keuntungan, printhead micro piezo memiliki beberapa keuntungan seperti:

  1. Dengan pengoperasian pada suhu renda printhead micro piezo akan kompatibel dengan berbagai macam tinta yang digunakan
  2. Printhead micro piezo dalam operasinya lebih dingin dibanding inkjet thermal sehingga dapat diandalkan selama masa hidup printer
  3. Lebih menggunakan daya yang lebih keci dibandingkan thermal inkjet dan metode droplet piezoeletrik lebih efisien
  4. Menghasilkan tetesan tinta yang berukuran tepat sehingga memberikan cetakan yang lebih tajam dan halus.

Demikian, penjelasan mengenai printhead lengkap beserta fungsi dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *